Sistem Dimensi Satuan Dan Standart

Alat ukur menurut satuan sistem internasional adalah alat yang  dapat digunakan untuk mendapatkan/ mengetahui hasil perbandingan antara suatu besaran/ukuran yang ingin diketahui dengan standar yang dipakai.

Macam macam besaran :

  • Besaran dasar
  • Besaran turunan
  • Besarab pelengkap

BESARAN POKOK
Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Ada tujuh besaran pokok dalam sistem Satuan Internasional yaitu Panjang, Massa, Waktu, Suhu, Kuat Arus, Jumlah molekul, Intensitas Cahaya.

BESARAN TURUNAN
Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok atau besaran yang didapat dari penggabungan besaran-besaran pokok. Contoh besaran turunan adalah Berat, Luas, Volume, Kecepatan, Percepatan, Massa Jenis, Berat jenis, Gaya, Usaha, Daya, Tekanan, Energi Kinetik, Energi Potensial, Momentum, Impuls, Momen inersia, dll. Dalam fisika, selain tujuh besaran pokok yang disebutkan di atas, lainnya merupakan besaran turunan. Besaran Turunan selengkapnya akan dipelajari pada masing-masing pokok bahasan dalam pelajaran fisika.

PANJANG

Dalam sains, Panjang menyatakan jarak antara dua titik. Panjang menggunakan satuan dasar SI meter (m). Satu meter standar (baku) sama dengan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299792458 sekon. Untuk keperluan sehari-hari, telah dibuat alat-alat pengukur panjang tiruan dari meter standar

MASSA

Setiap benda tersusun dari materi. Jumlah materi yang terkandung dalam masingmasing benda disebut massa benda. Contoh massa sekantong pasir lebih besar dibandingkan massa sekantong kapas, dan biasanya dikatakan pasir lebih berat dari kapas. Sesungguhnya massa tidak sama dengan berat, meskipun dalam kehidupan sehari-hari sering tertukar dalampenggunaannya. Massa suatu benda hanya ditentukan oleh kandungan materinya dan tidak mengalami perubahan meskipun kedudukannya berubah. Sedangkan berat sangat bergantung pada kedudukan di mana benda berada.

Dalam Sistem Internasional, massa meng-gunakan satuan dasar kilogram (kg), sedangkan berat menggunakan satuan newton (N). Satu kilogram standar (baku) sama dengan massa sebuah silinder yang terbuat dari campuran platinum-iridium yang disimpan di Sevres, Paris, Perancis. Selain kilogram (kg), massa benda juga dinyatakan dalam satuan-satuan lain,  misalnya: gram (g) dan miligram (mg) untuk massa-massa yang kecil; ton (t) dan kuintal (kw) untuk massa yang besar.

  • 1 ton = 10 kw = 1000 kg
  • 1 kg = 1000 g
  • 1 g = 1000 mg

WAKTU

Satuan dasar SI untuk waktu adalah sekon (s). Satu sekon standar (baku) adalah waktu yang dibutuhkan oleh atom Cesium untuk bergetar 9.192.631.770 kali. Berdasar jam atom ini, dalam selang 300 tahun hasil pengukuran waktu tidak akan bergeser lebih dari satu sekon. Untuk peris tiwa-peri st iwa yang selang terjadinya cukup lama, waktu dinyatakan dalam satuan-satuan yang lebih besar, misalnya: menit, jam, hari, bulan, tahun, abad dan lain-lain.

  • 1 hari = 24 jam
  • 1 jam = 60 menit
  • 1 menit = 60 sekon.

SUHU

Suhu atau temperatur merupakan salah satu besaran pokok yang sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pada siang hari kita merasa panas, sebaliknya pada malam hari terasa dingin. Api terasa panas, sedangkan es terasa dingin. Suatu benda dikatakan panas berarti benda tersebut bersuhu tinggi, demikian juga sebaliknya, benda dikatakan dingin berarti benda tersebut bersuhu Rendah. Alat ukur suhu yang sering digunakan adalah termometer. Tidak semua termometer menggunakan skala yang sama. Antara lain dikenal skala Celcius  C), Fahrenheit (F), dan Kelvin (K).

Standart Pengukuran

Standart Primer

Standart yang di pelihara oleh laboratorium standart nasional diberbagai negara dunia. NBS (The National Bureau of Standart) di washington bertanggung jawab di Amerika Utara. NPL (The National Physical Laboratory) di Britania Raya. PTR (Physikalisch-Technische Reichsanstalt) di Jerman

Standar Sekunder

Merupakan acuan (referensi) dasar bagi standar-standar yang digunakan dalam laboratorium pengukuran industri.

Standar Kerja

Alat utama bagi sebuah laboratorium pengukuran.

Download artikel selengkapnya Sistem Dimensi

, ,

  1. #1 by dy4m on 9 Maret 2013 - 1:14 pm

    Reblogged this on dy4m.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: