Program Komunikasi dengan Ethernet(TCP/IP) dengan Delphi 7

Didalam Delphi 7 terdapat fasilitas atau component yang dapat digunakan untuk komunikasi jaringan Ethernet (TCP/IP). Dengan menggunakan komponen ServerSocket dan ClinetSocket yang tersedia pada palette internet pada Delphi 7, jika pada saat menggunakan Delphi 7 tidak terdapat komponen Socket maka anda harus memasukannya dengan cara di bawah ini ;

1.Buka program Delphi
2.Pilih File | Close All
3.Masuk Menu Component | Install Packege….. setelah itu akan tampil form seperti berikut :

Gambar Tampilan Menu Install Packege

4.Pilih Add lalu arahkan pada C:\Program Files\Delphi7SE\Bin\dclsockets70.bpl lalu tekan OK
5.Untuk melihat hasil instalasi, anda dapat melihat komponen ClientSocket dan Server Socket akan muncul pada Palette Internet.

Dengan memanfaatkan komponen ini dapat mengkomunikasikan antar komputer menggunakan TCP/IP melalui sebuah jaringan komputer. Jika komputer anda sudah memiliki jaringan local maka anda dapat melakukan antar komputer, akan tetapi jika anda tidak ada maka anda dapat memakai sebuah komputer yang nantinya bertindak sebagai server sekaligus client. Jika menggunakan satu buah komputer pakailah 127.0.0.1(localhost) yang merupakan alamat tetap dari komputer.

 

 Aplikasi Server

1.Buatlah Form seperti dibawah ini

Gambar Rancangan Server

2.

Komponen Properti Isi
Memo 

(Pada Palette Standart)

Name 

Lines

ScrollBars

Memo1 

(Kosong)

ssBoth

ServerSocket 

(Pada Palette Internet)

Name 

Port

Active

ServerSocket1 

5000

True

3. Pilihlah komponen ServerSocket1,kemudian pada object Inspector pilihlah tab Even, klik ganda pada kotak kosong disebelah kanan OnClientRead dan isikan kode dibawah ini.

procedure TForm1.ServerSocket1ClientRead(Sender: TObject;
Socket: TCustomWinSocket);
begin
memo1.Lines.Add(Socket.ReceiveText)
end;

4. Simpan Aplikasi tersebut dengan nama CobaServer

 Aplikasi Client

1. Buatlah form seperti di bawah ini

Gambar Rancangan Client

2.

Komponen

Properti

Isi

Button

(Pada Palette Standart)

Name

Caption

Button1

Kirim

Edit

(Pada Palette Standart)

Name

Text

Edit1

(Kosong

ClientSocket

(Pada Palette Internet)

Name

Active

Address

Port

ClientSocket1

False

127.0.0.1

5000

3. Klik ganda pada form yang kosong untuk menambahkan perintah koneksi dengan ServerSocket, koneksi dapat dilakukan jika Server dalam keadaan aktif, Jadi kalo pada server langsung di aktif tetapi pada Client ini aktif saat form terbuka dengan memasukan code program sebagai berikut.

procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
begin
clientsocket1.Active:=True;
end;

4. Klik ganda pada button1 dan masukkan kode berikut :

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
clientsocket1.Socket.SendText(edit1.Text)
end;

Untuk mengetahui jalannya program langsung aja di jalankan kedua program yang telah di buat.

1. Jalankan server terlebih dahulu

Gambar Aplikasi Server

2. Jalankan Client

Gambar aplikasi Client

3. Pada Aplikasi Client isikan pesan pada edit dan tekan tombol kirim

Gambar Percobaan Komunikasi

Sekian Tutorial tentang pemakaian komponen Socket pada Delphi. Semoga Bermanfaat

download artikel dan code selengkapnya –> Komunikasi dengan Ethernet (Delphi)

By Ary Sulistyo Utomo,S.St

aryutomo.co.nr

, , , , , , ,

  1. #1 by asrul on 2 April 2011 - 8:51 pm

    bisa buat referensi neh artikelnya…!thanks..

    tapi saya ingin meminta saran ataukah Qt mempunyai sesuatu yang bisa membantu tanpa memberatkan mas ARY.hehehehhee….!

    pertanyaan saya tentang delphi juga nhe mas tapi aq baru awal2 belajar,belum master kayak mas nhee,,,saya punya judul skripsi itu “pendaftaran KTP berbasis sms dari kantor desa ke kantor kecamatan” yang mana datanya itu mengirim data nama,alamat,dsb serta fotonya dan tanda tangan dalam bentuk image.saya berencana membuat programnya client server tapi menggunakan fasilitas sms dan MMS.

    minta tolong saran dan masukannya nhe mas (apapun itu pengalaman ataukah ada ilmu2 tetangga yang bisa disharingkan atau link referensi juga boleh).

    thanks sebelumnya…..

  2. #2 by aryutomo on 3 April 2011 - 10:37 pm

    Agar di delphi dapat mengirim MMS coba pakai saja MMS toolkit. disana juga ada contoh socecodenya untuk ngirim MMS. waktu dulu saya juga pernah nyoba dan berhasil tetapi waektu itu saya gunakan Visual Basic untuk buat programnya. untuk cara MMS ini banyak gagalnya. dikarenakan jaringan di HP untuk GPRS harus tidak pernah putus.. jika putus sedikit datayg dikirim akan gagal. lebih baek pakai saja jaringan internet yang mempunyai alalmat IP public..cos klo di desa2 sudah dipasang intternetkan pasti ada alamat IP publicnya…
    dengan kata laen.di Kecamatan itu sebagai sever databasenya….

  3. #3 by agung on 24 November 2011 - 7:39 pm

    berguna banget nih.. thanks gan..😀

  4. #4 by aryutomoa on 25 November 2011 - 8:14 pm

    Untuk update selanjutnya kunjungi… http://www.elektronikamania.com

  5. #5 by ade on 15 Januari 2013 - 9:30 pm

    permisi mau tanya nich,.. apakh bisa kita mengirim pesansebaliknya dari server ke client,.

  6. #6 by haris on 27 Januari 2013 - 8:24 pm

    sebelumnya… makasih tutorialnya mas, sangat membantu untuk kami yang pemula……..
    mas, gimana kalau programnya multi client??

  7. #7 by Mrs.I on 12 Mei 2016 - 5:46 pm

    bang, mau tanya nih. aku kan bikin program, di situ ada ketentuan, si client transfer file ke server lewat program chatting. itu gmn ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: